Powered By Blogger

Kamis, 26 Juli 2012

DILI, Kota Matahari Terbit

Distrik (Kabupaten) Dili terletak di sepanjang pantai utara pulau Timor Lorosae, sekitar 60 kilometer ke arah timur dari perbatasan dengan Timor Barat.


Secara geografis Distrik Dili beraneka ragam. Di samping jalan pesisir dan pantainya, Distrik ini menjangkau sampai daerah bergunung-gunung yang tidak datar.  Distrik Dili seluas sekitar 170 km persegi.


Distrik Dili mencakup pulau Atauro, yang sekitar 30 kilometer ke arah utara pantai Kota Dili. Pada arah selatan Dili berbatasan dengan Distrik Aileu, ke arah barat, Distrik Liquica dan ke arah timur, Distrik Manatuto.


Menurut data terakhir dari bagian sensus dan statistik, Distrik Dili mempunyai jumlah penduduk pada saat ini sebanyak 137.879 dan jumlah kepala keluarga sebanyak 26.785. Jumlah penduduk orang perempuan sebanyak 65.225 dan jumlah penduduk orang laki-laki sebanyak 72.133.


Daerah yang paling terpadat penduduk di Distrik Dili adalah Zona Dom Aleixo, Zona Cristo Rei dan Zona Vera Cruz, di mana jumlah penduduknya antara 30.000 dan 40.000 orang. Jumlah pendatang baru yang dilaporkan oleh parachefe dos suco (kepala desa) di Distrik Dili sekitar beberapa ribu, yang mayoritasnya ditempatkan kembali di zona Don Aleixo.


Hal ini sebagian besar disebabkan kenyataan bahwa jumlah rumah yang dibakar dan dihancurkan lebih rendah daripada di zona yang lain. CNRT dan pemimpin setempat menyebut keberadaan pendatang baru sebagai salah satu faktor yang menyumbang kepada kegoncangan stabilitas di Dili.


Jumlah pengungsi dalam negeri (IDP) di Dili merupakan persoalan besar dan memerlukan tindakan terkoordinasi pada tingkat nasional dan distrik.Distrik Dili adalah salah satu distrik terbesar di Timor Lorosae. Ada enam sub-distrik (kecamatan) yang terdiri atas 48 suco (desa) dan 243 aldeia (kampung).Utara, Atauro (5 suco)Selatan, Vera Cruz (11 suco)Timur, Cristo Rei (10 suco) dan Metinaro (3 suco)Barat, Dom Aleixo (10 suco)Kota Dili, Nain Feto (9 suco).


DILI,,


malam ini aku terfikir tentang kota ini,

aku ga begitu faham bahkan aku sama sekali belum pernah kesana,

tp aku berharap kota Dili adalah tujuanku berikutnya.


bukan hanya karena keajaiban keindahan kotanya, tp aku mengagumi orang2nya, kegigihannya, kesepahamannya tentang kemerdekaan,

tentang rasa cinta.


ya, Dili memang kota penuh Cinta, tak ayal "Januari di kota Dili" tercipta dan menggema seantero Indonesia.


Dili, kota matahari terbit,

TimorLeste


sunrise never ending feeling...


270712


 


Published with Blogger-droid v2.0.4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar